.

Kamis, 19 September 2013

Contoh soal-soal paragraf eksposisi dan lain-lain

Posting hari ini mengenai soal-soal paragraf eksposisi dan lain-lain beserta jawaban dan alasan.


1.      Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.
Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.     Proses
B.     Ilustrasi
C.     Klasifikasi
D.    Definisi
E.     Laporan
Jawaban A, karena dalam kalimat eksposisi diatas menjelaskan langkah demi langkah suatu kejadian.

2.      Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.
Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.    Perbandingan
B.     Klasifikasi
C.     Laporan
D.    Krosalitas
E.     Definisi
Jawaban E, karena kalimat eksposisi diatas merupakan suatu hal yang dapat dijelaskan uraiannya dengan kata-kata.

3.      Coba anda bayangkan bagaimana hidup seseorang yang tinggal di jalanan dan hidup di bawah jembatan, yang tinggal di tempat yang tidak layak di anggap tempat tinggal. Begitu pilu, jika kita diposisi tersebut.
Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.    Laporan
B.     Ilustrasi
C.     Perbandingan
D.    Definisi
E.     Proses
Jawaban B, karena kalimat eksposisi diatas merupakan kalimat yang menggambarkan sesuatu.

4.      Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.
Paragraf diatas merupakan kalimat paragraf eksposisi . . . .
A.    Ilustrasi
B.     Proses
C.     Klasifikasi
D.    Laporan
E.     Definisi
Jawaban C, karena kalimat eksposisi diatas merupakan pengelompokkan hal-hal yang sejenis atau memiliki kesamaa tertentu.

5.      Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
Tidak berapa lama kemudian mereka pun meluncur menembus hujan yang begitu deras. Sampai di rumah, Ima langsung mengganti pakaian tanpa terlebih dulu makan siang. Dia langsung menuju belakang rumahnya da menuju sebuah lapangan basket. Diambilnya bola basket yang berada di bawah kursi. Lalu ia lemparkan bola itu hingga menembus keranjang basket.
Bukti latar waktu kutipan cerpen tersebut pada kalimat . . . .
A.    Pertama
B.     Kedua
C.     Ketiga
D.    Keempat
E.     Kelima
Jawaban B, karena pada kalimat kedua terdapat kata “makan siang” yang berarti pada saat itu terjadi saat siang hari.

6.      Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
Meski teman-temanku mengajakku ke kantin, aku tak mau beranjak dari lapangan sekolahku, karena dari kejauhan aku bias menatap seorang wanita yang amat cantik, berambut panjang, yang selalu bermain lompat tali bersama teman-temannya di depan kelas. Ia bernama Aulia, gadis pujaan hatiku.
Latar tempat tokoh aku diatas adalah . . . .
A.    Halaman sekolah
B.     Depan kelas
C.     Lapangan sekolah
D.    Kantin
E.     Sekolah
Jawaban C, karena terdapat kalimat “aku tak mau beranjak dari lapangan sekolahku” yang meunjukkan tokoh aku sedang berada di lapangan sekolah.

7.      Bacalah kutipan cerpen berikut!
Selama berlari mereka berdua terus bertasbih dan bertakbir. Mereka sangat panic. Rasa takut dan cemas bergejolak di dalam diri mereka. Akbar segera melepas gengaman tangan Aisha dan segera menghentikan mobil truk kuning itu. Seketika truk itu berhenti dan akbar menuju bagia sopir.
“Pak bisakah kami menumpang mobil Bapak?” Seorang lelaki besar berkulit hitam di       bangku sopir terdiam.
“Pak, saya mohon” Akbar mengiba.
“Dik, truk kami tidak memiliki banyak bangku.”
“Apakah di bak belakang tidak bisa? Saya mohon Pak.”
“Baiklah,” tapi hanya satu orang yang boleh ikut karena di bak belakang sudah penuh.”
“Baiklah.” Akbar segera menyuruh Aisha naik.
Bukti bahwa Akbar memiliki watak peduli adalah . . . .
A.    Akbar mengajak adiknya agar terus bertasbih dan bertakbir.
B.     Akbar dan adikya menumpang truk.
C.     Akbar mencari tumpangan truk untuk adiknya.
D.    Akbar berpisah dengan adiknya.
E.     Akbar rela berpisah dengan adiknya dan memberikan tumpangan truk untuk adiknya.
Jawaban E, karena dari kalimat di atas terlihat bahwa Akbar langsung menyuruh adiknya untuk naik ke truk.

8.      Indonesia sebagai salah satu negara terbesar korupsi yang sangat mencoreng nama baik Indonesia di mata seluruh negara.
Tanggapan yang tepat untuk wacana diatas adalah . . . .
A.    Sebaiknya negara Indonesia memiliki hukum yang lebih tegas sehingga membuat para koruptor dapat merasa jera dan tidak mau mengulangi kembali.
B.     Sekarang terserah para koruptor saja. Korupsi sudah mendarah daging di Indonesia. Jadi sangat sulit untuk di hilangkan.
C.     Jika ingin Indonesia tidak menjadi Negara terbesar korupsi, sebaiknya hilangkan saja para pejabat yang di tenggarai melakukan korupsi.
D.    Saya rasa lebih baik Indonesia dapat melakukan koreksi sendiri kepada para pejabat DPR.
E.     Perbaiki sendiri masalah Negara ini.
Jawaban A, karena tanggapan harus disampaikan dengan kalimat yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang dalam hal penyampaiannya.

9.      Sampai hari ke-8 bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.
Tanggapan yang tepat untuk wacana diatas adalah . . . .
A.    Seharusnya pemerintah lebih cepat mengirimkan bantuan, kasihan para korban gempa yang tak kunjung mendapat bantuan.
B.     Pemerintah seharusnya segera memberi bantuan yang merata ke daerah korban gempa.
C.     Korban gempa seharusnya tidak perlu menunggu pemerintah yang tidak pasti akan datang bantuannya.
D.    Sebaikya korban gempa mencari pekerjaan yang layak untuk menghidupi dirinya, dari pada menanti bantuan pemerintah yang tidak kunjug tiba.
E.     Sebaiknya pemerintah bisa lebih cepat dalam menanggapi bantuan untuk korban gempa Yogyakarta ini, sehingga bantuan yang sampai akan merata, sehingga korban gempa dapat memenuhi kebutuhannya yang lebih baik dari bantuan pemerintah.
Jawaban E, karena tanggapan harus disampaikan dengan kalimat yang baik dan harus di dasari dengan alasan yang tepat.

10.  Banyaknya generasi muda yang mudah terjerumus kedalam hal yang tidak baik atau negatif seperti narkoba dan kenakalan remaja zaman sekarang yang dapat merusak bangsa dan generasi penerus kedepannya.
Tanggapan yang tepat untuk wacana diatas adalah . . . .
A.    Generasi muda zaman sekarang sudah tidak sadar akan bahayanya melakukan hal negatif itu sendiri.
B.     Moral bangsa Indonesia semakin luntur, apalagi karena dunia barat dan internet yang sangat mudah di akses yang membuat moral generasi mudapun ikut luntur.
C.     Generasi muda harus dibimbing agar dapat pembekalan yang merubah pola fikir mereka tentang hal negatif.
D.    Generasi muda adalah generasi yang paling penting, karena merekalah penerus dari negara itu sendiri. Sebaiknya pembekalan tentang buruknya jika melakukan hal negatif itu sendiri harus dimulai sejak dini, agar kedepannya mereka bias membedakan yang mana hal baik da hal buruk yang akan berdampak oleh para remaja itu sendiri, seperti penyuluhan narkoba atau bahayanya melakukan sex bebas dikalangan remaja yang memiliki rasa keingin tahuan yang sangat tinggi.
E.     Kalau generasi muda sudah tak ada yang benar negara akan hancur.
Jawaban D, karena karena tanggapan harus disampaikan dengan kalimat yang baik dan harus di dasari dengan alasan yang tepat agar bias dipertanggung jawab kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar